ASESMEN LAPANGAN DARING PRODI TADRIS MATEMATIKA IAIN CURUP 2020

Uncategorized

Program Studi Tadris Matematika IAIN Curup pada tahun 2020 ini mengajukan Akreditasi Program Studi pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahap visitasi (asesmen lapangan) oleh Asesor BAN-PT telah dilakukan pada tanggal 21-22 Desember 2020. Para asesor melakukan proses asesmen lapangan (AL) secara daring dilakukan berdasarkan surat tugas dari BAN-PT dengan tetap menerapkan standar asesmen yang telah ditentukan.

Tim dari Program Studi Tadris Matematika dan seluruh jajaran pengelola Fakultas menyediakan semua dokumen terkait telah menyiapkan diri untuk melaksanakan proses AL secara daring ini. Kegiatan berlangsung melalui aplikasi zoom meeting dimana para asesor melakukan asesmen dari tempatnya masing-masing sedangkan Tim dari Program Studi Tadris Matematika bersama-sama menerima visitasi secara daring di Ruang Multimedia di Fakultas Tarbiyah.

Asesor yang ditugaskan melakukan AL ini adalah Prof. Dr. Mega Teguh Budiarto, M. Pd (Universitas Negeri Surabaya) dan Prof. Dr. Roberd Saragih, MT (Institut Teknologi Bandung).

Kegiatan Hari pertama AL dimulai dengan pembukaan berisi sambutan dari Rektor Institut Agama Islam Negeri Curup yaitu oleh Bapak Dr. Rahmad Hidayat, M.Ag , diakhiri dengan sambutan dan  bimbingan teknis dari asesor terkait teknis proses asesmen yang dilakukan.

Kegiatan AL dilanjutkan dengan konfirmasi terkait rencana pengembangan UPPS, sistem tatapamong, sistem pengelolaan, capaian UPPS yang dilaporkan, dan rencana pengembangan PS yang diakreditasi yang disampaikan oleh pimpinan UPPS dan Ketua Program Studi. Kemudian Konfirmasi data LKPS, data-data LKPS Program Studi khususnya poin-poin yang sebelumnya telah dikaji secara mendalam oleh masing-masing asesor dikonfirmasi satu demi satu.

Selain itu juga terdapat sesi dengan pelaksana Penmainan Mutu Internal, sesi pemerikaan dokumen pendukung yang relevan kemudian konfirmasi data dan informasi dalam Lporan Evaluasi Diri (LED), sesi dengan (middle) Manajemen di UPPS dan wawancara bersama mahasiswa terkait keterlibatan, prestasi, pelayanan dan kepuasan mahasiswa, semua pihak yang diminta menjadi pasrtisipan memberikan keterangan sesuai pertanyaan yang diajukan oleh asesor.

Sesi lainnya yaitu peninjauan lapangan, asesor melakukan pengecekan fasilitas terpusat (labratorium, perpustakaan, pengelolaan sistem infromasi), Lecture/Lab work/research sit in , pengecekan ruang dosen dan tenaga kependidikan, dan pengecekan fasilitas umum, UKM, dan fasilitas pendukung lainnya.

Tenaga Kependidikan juga ikut berpartisipasi untuk mengkonfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan tenaga kependidikan. kemudian penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi, penyampaian berita acara ke Pimpinan UPPS dan pengecekan Berita Acara Asesmen Lapangan oleh Pimpinan PT. Dan diakhiri dengan penandatangan Berita Acara Asesmen Lapangan dan Wrap Up lalu Finalisai laporan Akreditasi oleh Panel Asesor.